Forum Peduli Bangsa

Kumpulan tulisan tentang kegelisahan hati

Mari rebut simpati rakyat miskin

Posted by pu2ng pada Maret 22, 2009

“Kami akan Menyediakan lapangan pekerjaan, menurunkan harga bahan pokok, menggratiskan sekolah,dan bla..bla..blaaa…” begitu teriak seorang juru kampanye dari salah satu parpol yang kebetulan saya tonton lewat berita. Sebuah pernyataan yang menurut saya sudah seperti mendengar lagu lawas namun dinyanyikan dengan aransemen yang berbeda yang tujuan utamanya adalah agar rakyat yang mendengar mau bergabung dan membubuhkan tanda contreng pada partainya.
Janji-janji yang sebagian besar ditujukan untuk rakyat yang notabene keadaan ekonominya di bawah rata-rata (entah mengapa saya tidak mau menyebut kata miskin dalam tulisan ini, kecuali judul diatas).
Yang mendengar senang-senang saja karena mereka disuguhi goyangan penyanyi dangdut nan aduhai.

Ya, di masa kampanye ini, mereka secara konsisten mendatangi penduduk-penduduk desa, mendengar keluh-kesah mereka, dan berbagai macam cara yang menunjukan “seolah-olah” mereka bersimpati terhadap keadaan masyarakat sekitar. Bahkan mereka rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk mendatangkan artis idola untuk menghibur mereka. Cara yang terakhir ini mungkin saja karena para caleg tidak PD terhadap kualitas dirinya yang tidak mampu mengumpulkan masa.
“Kita harus berbuat sesuatu untuk merubah keadaan mereka, sangat disayangkan mereka hidup miskin (“maaf yang berkata bukan saya loh”) di Negara yang kaya akan sumberdaya alam ini” ujar salah satu calon legislative di depan wartawan.
“lah dulu kemana aja mas?” cletuk teman saya.
Pertanyaan yang jika diajukan mungkin sudah cukup membuat mereka gelagepan mencari jawabannya.
Entah mengapa mereka mendadak ingat saudara-saudaranya yang lapar, ingat kerabatnya yang menganggur, ingat anak tetangganya yang putus sekolah, dan berbagai ingatan lain yang dulu mungkin tidak pernah terlintas di benaknya.

Lagi-lagi yang menjadi objek kampanye ialah masyarakat ekonomi lemah. Mereka seakan-akan menjadi primadona di kalangan para caleg. dengan berlagak seperti utusan Tuhan yang akan merubah nasib mereka kelak. Tindakan mereka memang sangat beralasan. karena ¾ lebih dari jumlah rakyat di negeri ini hidup jauh dari kata layak. mereka sadar akan potensi suara yang akan dihasilkan, dan sangat mungkin membantunya untuk menggapai kursi yang sudah diidam-idamkan. “ah..cape dehhh”

Posted in Uncategorized | Leave a Comment »

Pemerintah mulai gak PD

Posted by pu2ng pada Maret 15, 2009

Tak terasa pesta demokrasi terbesar di negri ini akan segera di gelar, sebuah pesta akbar yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Beragam sosialisasi pun dilakukan, iklan-iklan mulai bertebaran di berbagai media, entah mengapa banyak orang yang mendadak jadi narsis memajang fotonya di berbagai sudut dengan mengesampingkan keindahan kota.
“la wong kotanya saja gak indah kok mas” kata teman saya
“hus sembarangan kamu, hati-hati kalau bicara, nanti di tangkap loh” teman saya yang lain memperingatkan.
Ah kita tinggalkan saja dulu perdebatan mereka tentang indah dan tidaknya kota kita.biar kalian-kalian sendiri yang menilainya. Sampai dimana tadi?
Oh…ya iklan. Mereka memajang foto diri pertanda ingin di contreng. “contreng?”
Ya…system pemilu kali ini memang berbeda dengan pemilu yang sudah-sudah. Kalau dulu kita diwajibkan menyoblos alias melubangi tanda gambar yang terpampang dalam kertas suara, entah atas dasar apa system tersebut mulai ditinggalkan. Sekarang kita harus membubuhi tanda contreng pada nama atau gambar partai politik yang jumlahnya sudah melibihi seluruh jari kita itu.
Dari sekian banyak iklan, yang cukup mengusik pikiran saya ialah iklan yang mengingatkan masyarakat agar tidak berpihak pada golongan putih yang lebih popular disebut golput. “Ah….rupanya sadar juga pemerintah” kata saya dalam hati.
“lah sadar apannya to mas?”
Ya mereka sadar kalau banyak rakyat yang merasa kecewa dengan system demokrasi di negeri ini. Dengan seringnya pemerintah mengingatkan masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, bagi saya itu mencerminkan ketidak percayadirian mereka. Sampai-sampai memakai wewenang MUI untuk mengeluarkan fatwa haram tentang golput.
“waduh jangan berfikir sejauh itu dong mas” teman saya memperingatkan “kita berdoa saja semoga pemilu kali ini berjalan jujur dan adil” tambahnya. Ya wis kita sama-sama berdoa saja semoga yang dikatakan teman saya benar.

Posted in Uncategorized | 1 Comment »

Untung McCain Bukan orang Indonesia

Posted by pu2ng pada November 12, 2008

Selesai sudah perjuangan John Mc Cain untuk menduduki bangku paling panas di dunia. Setelah berbulan-bulan melancarkan berbagai kampanye, seribu satu cara sudah dilakukan demi mendongkrak popularitasnya, hingga keputusan paling controversial menggandeng Sarah Palin sebagai calon “pendampingnya”. Namun semua usaha itu serasa sia-sia. Ya akhirnya senator senior itu mengibarkan bendera putih kepada pesaingnya yang bisa dibilang muka baru di kancah politik Negara yang dianggap paling berkuasa di dunia itu.

Namun ada sebuah pelajaran yang harus kita teladani dari sosoknya. Sesaat setelah dirinya kalah McCain langsung menelepon Obama, dan memberinya selamat. Setelah itu dia berpidato didepan pendukungnya

Berikut kutipan pidatonya :

“apapun perbedaan kita, kita semua adalah orang Amerika. Saya desak semua warga Negara Amerika yang mendukung saya untuk bersama saya tidak hanya memberikan selamat kepada dia (obama), tetapi menawarkan kepada Presiden kita dan berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk bersama-sama mencari jalan, berkompromi, menjembatani perbedaan kita, dan membantu memulihkan kemakmuran, dan mewariskan kepada anak cucu kita sebuah Negara yang lebih baik dan lebih kuat dibandingkan yang kita warisi”

“kalau sekarang kita kala, itu bukan kegagalan anda semua, tapi kegagalan saya”

Sebuah pidato yang hanya bisa diucapkan oleh orang berjiwa besar. Hanya seorang ksatria sejati yang mengakui kesalahan dan kekalahan dirinya.

Saya membayangkan jika McCain orang Indonesia ups…maksudnya jika McCain itu saya. Pasti saya sudah mencak-mencak dan menyalahkan tim sukses saya yang tidak becus dalam merancang strategi hingga bisa-bisanya dikalahkan oleh anak “kemarin sore” di kancah politik Amerika. Tidak ketinggalan saya pun akan melancarkan kritik pedas kepada saingan saya, dan mengajak pendukung saya untuk melakukan demo terhadap presiden terpilih…

Untungnya McCain tidak seperti itu, dia berjuang semata-mata untuk kemajuan bangsanya, untuk menjalankan misinya menjadikan Negara tempat tinggalnya lebih baik. Tidak seperti saya dan kebanyakan orang di negeri yang saya diami ini, yang berjuang hanya untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

McCain juga tidak lupa mendoakan Obama agar sukses.

Mungkin saya bukan pendukung McCain namun ada pelajaran yang mungkin jarang dimiliki oleh penduduk bangsa ini terutama para elite politiknya yang mempunyai jiwa ksatria seperti McCain.

Posted in Sosial | 1 Comment »

Perempuan dan Etalase (sebuah tulisan ngawur namun layak direnungkan)

Posted by pu2ng pada Oktober 17, 2008

Dalam kamus bahasa Indonesia, Etalase berarti tempat memamerkan barang-barang yg dijual. Agar menarik mata konsumen, etalase biasanya diletakan di bagian depan toko. Etalase pada umumnya terbuat dari kaca transparan agar benda yang akan dijual terlihat oleh pengunjung yang melewatinya. Etalase juga mewakili keseluruhan isi dari sebuah toko.

***

Lalu apa hubungannya etalase dengan perempuan?

Sabar dulu mas, saya ingin menjelaskan sedikit (karena memang pengetahuan saya masih sedikit) tentang perempuan. Tuhan menciptakan perempuan dengan segala macam keistimewaannya. Selain diciptakan sebagai pendamping kaum adam, perempuan pun mempunyai peranan penting dalam kehidupan ini. Karena setiap kita pasti pernah tinggal di dalam rahim seorang perempuan. Karena itulah Tuhan menyuruh umatnya untuk memuliakan makhluk yang satu ini. menurut buku-buku yang pernah saya baca, perempuan diciptakan dari tulang rusuk lelaki, karena itu mereka sangat rapuh, namun dibalik kerapuhannya tersimpan kekuatan yang maha dahsyat, bahkan saking dahsyatnya dapat mengubah peradaban bangsa.

***

Saya terinspirasi menulis tiulisan ini saat saya menonton iklan di televisi yang menawarkan prodak (ejaan Indonesia) dagangannya . selalu ada figur perempuan dengan pakaian seksi. Sejenak saya tercenung saat melihatnya. Lha wong yang mau di jual Tipi (masih dalam ejaan Indonesia) kok yang dipamerin paha, Lha wong yang mau di jual oli kok malah dada yang ditonjolin. Apa para pengusaha ini tidak yakin dengan kualitas prodak jualannya sampai tega-teganya menggunakan perempuan sebagai daya tarik. Bagaimana konsumen percaya jika pengusahannya pun tidak percaya dengan prodaknya. Parahnya fenomena ini dibawa ke ranah politik. Sudah menjadi rahasia umum jika para calon wakil rakyat atau calon pemimpin baik tingkat daerah maupun nasional saat berkampanye (baca promosi) juga menggunakan objek perempuan di dalamnya. Mereka mendatangkan para penyanyi ataupun artis seksi hanya untuk mengumpulkan masa. Seakan tidak percaya dengan kemampuan dirinya. Bagaimana rakyat percaya wong calon wakilnya saja tidak percaya diri.

Apakah fungsi perempuan yang saya anggap sebagai makhluk mulia ini bertambah seiring berkembangnya zaman?,

Bertambah jadi apa mas?

“ya jadi etalaselah, gimana sih”

Posted in Sosial | 1 Comment »

Akankah batik lokal punah

Posted by pu2ng pada Oktober 7, 2008

Diambil dari milis halal ditulis oleh  Ayu Nata Pradnyawati

Minggu lalu, saya jalan-jalan ke Pasar Johar, Semarang. Rencananya,
aku hendak membeli batik untuk ibuku di kampung halaman. Ketika tiba
di sana aku terkejut sekali. Yang kujumpai malah batik “made in China”.

Masuknya batik buatan Cina yang membanjiri Jakarta bukanlah berita
baru. Tetapi kenyataan masuknya batik Cina ke sentra penjualan batik
lokal baru saya ketahui saat itu. Air mata saya menetes hari itu. Jika
batik Cina sudah sampai ke Pasar Johor, lalu bagaimana dengan
pasar-pasar lain. Bagaimana dengan nasib pengrajin kecil?

“Produk tekstil Cina ini berusaha meniru budaya tradisional asli
Indonesia,” kata Ketua Paguyuban Pencinta Batik Indonesia Bokor
Kencono, Diah Wijaya Dewi. Dampak membanjirnya batik asal China ini
sudah dirasakan pengusaha batik yang biasa memasukkan produknya ke
pasar tradisional. “Salah satu pengusaha batik cap asal Pekalongan
sudah ditolak produknya untuk masuk ke Pasar Johar karena para
pedagang sudah memasok batik asal China ini,” ujar wanita yang kerap
dipanggil Dewi Tunjung ini.

Suhartini, penjual batik di Pasar Johar mengakui, mendatangkan batik
Cina sejak Febuari dan langsung menyetop penjualan batik asal
Pekalongan dan Solo. “Soalnya bahannya lebih bagus, lebih murah, lebih
laku dan ketika dicuci tidak luntur” katanya.

Langkah Ke Depan

Potret di atas adalah salah satu gambaran permasalahan perlindungan
budaya di tanah air. Cerita ini menambah daftar budaya indonesia yang
diklaim oleh negara lain, seperti Batik Adidas, Sambal Balido, Tempe,
Lakon Ilagaligo, Ukiran Jepara, Kopi Toraja, Kopi Aceh, Reog Ponorogo,
Lagu Rasa Sayang Sayange, Kerajinan Perak Bali dan lain sebagainya.
Saya sadar bahwa diam tidak akan memberikan penyelesaian. Kita harus
bangkit dan melakukan sesuatu.

Kemarin saya mendengar tentang upaya perjuangan yang dilakukan IACI
http://www.budaya-indonesi a.org. Saya tertarik dengan ide gerakan tersebut.
Beberapa kali saya melakukan korespondensi via email ke IACI. Saya
merekomendasikan kepada teman-teman untuk mendukung perjuangan
tersebut. Secara garis besar, ada tiga bentuk partisipasi yang dapat
kita lakukan.

Pertama, mendukung upaya perlindungan budaya Indonesia secara hukum.
Kepada rekan-rekan setanah air yang memiliki kepedulian (baik bantuian
ide, tenaga maupun donasi) di bagian ini, harap menggubungi IACI di
email: office@budaya- indonesia. org

Kedua, mendukung proses pendataan kekayaan budaya Indonesia.
Perlindungan hukum tanpa data yang baik tidak akan bekerja secara
optimal. Jadi, jika temen-temen memiliki koleksi gambar, lagu atau
video tentang budaya Indonesia, mohon upload ke situs PERPUSTAKAAN
DIGITAL BUDAYA INDONESIA, dengan alamat http://www.budaya-indonesi a.org. Jika
Anda memiliki kesulitan untuk mengupload data, silahkan menggubungi
IACI di email: office@budaya- indonesia. org

Ketiga, melakukan kampanye secara online. Saya memohon bantuan
rekan-rekan untuk mendukung perjuangan ini di dunia maya. Misalnya
dengan menyebarkan pesan ini ke email ke teman, mailing-list, situs,
atau blog, yang Anda miliki. Mari kita selamatkan budaya Indonesia
mulai dari komputer kita sendiri.

Posted in Sosial | 1 Comment »

Lagi : Kisah Pilu Tentang Hak Cipta

Posted by pu2ng pada September 7, 2008

KISAH SEDIH DARI BALI

Kisah sedih dialami Desak Suarti, seorang pengerajin perak dari
Gianyar, Bali. Pada mulanya, Desak menjual karyanya kepada seorang
konsumen di luar negeri. Orang ini kemudian mematenkan desain
tersebut. Beberapa waktu kemudian, Desak hendak mengekspor kembali
karyanya. Tiba-tiba, ia dituduh melanggar Trade Related Intellectual
Property Rights (TRIPs). Wanita inipun harus berurusan dengan WTO.

“Susah sekarang, kami semuanya khawatir, jangan-jangan nanti beberapa
motif asli Bali seperti `patra punggal’, `batun poh’, dan beberapa
motif lainnya juga dipatenkan” kata Desak Suarti dalam sebuah wawancara.

Kisah sedih Desak Suarti ternyata tidak berhenti sampai di sana.
Ratusan pengrajin, seniman, serta desainer di Bali kini resah menyusul
dipatenkannya beberapa motif desain asli Bali oleh warga negara asing.
Tindakan warga asing yang mempatenkan desain warisan leluhur orang
Bali ini membuat seniman, pengrajin, serta desainer takut untuk berkarya.

Salah satu desainer yang ikut merasa resah adalah Anak Agung Anom
Pujastawa. Semenjak dipatenkannya beberapa motif desain asli Bali oleh
warga asing, Agung kini merasa tak bebas berkarya. “Sebelumnya, dalam
satu bulan saya bisa menghasilkan 30 karya desain perhiasan perak.
Karena dihinggapi rasa cemas, sekarang saya tidak bisa menghasilkan
satu desain pun,” ujarnya hari ini.

Potret di atas adalah salah satu gambaran permasalahan perlindungan
budaya di tanah air. Cerita ini menambah daftar budaya indonesia yang
dicuri, diklaim atau dipatenkan oleh negara lain, seperti Batik
Adidas, Sambal Balido, Tempe, Lakon Ilagaligo, Ukiran Jepara, Kopi
Toraja, Kopi Aceh, Reog Ponorogo, Lagu Rasa Sayang Sayange, dan lain
sebagainya.

LANGKAH KE DEPAN

Indonesia harus bangkit dan melakukan sesuatu. Hal inilah yang
melatarbelakangi berdirinya Indonesian Archipelago Culture Initiatives
(IACI), informasi lebih jauh dapat dilihat di
http://budaya-indonesia.org/ . Untuk dapat mencegah agar kejadian di
atas tidak terus berlanjut, kita harus melakukan sesuatu. Setidaknya
ada 2 hal perlu kita secara sinergis, yaitu:

1. Mendukung upaya perlindungan budaya Indonesia secara hukum. Kepada
rekan-rekan sebangsa dan setanah air yang memiliki kepedulian (baik
bantuian ide, tenaga maupun donasi) di bagian ini, harap menggubungi
IACI di email: office@…

2. Mendukung proses pendataan kekayaan budaya Indonesia. Perlindungan
hukum tanpa data yang baik tidak akan bekerja secara optimal. Jadi,
jika temen-temen memiliki koleksi gambar, lagu atau video tentang
budaya Indonesia, mohon upload ke situs PERPUSTAKAAN DIGITAL BUDAYA
INDONESIA, dengan alamat http://budaya-indonesia.org/ Jika Anda
memiliki kesulitan untuk mengupload data, silahkan menggubungi IACI di
email: office@…

– Lucky Setiawan

nb: Mohon bantuanya untuk menyebarkan pesan ini ke email ke teman,
mailing-list, situs, atau blog, yang Anda miliki. Mari kita dukung
upaya pelestarian budaya Indonesia secara online.

Posted in Sosial | 2 Comments »

Konversi Energi (program setengah hati)

Posted by pu2ng pada Agustus 29, 2008

Lagi-lagi rakyat dihianati oleh program yang dirancang pemerintah yang ironisnya program ini dibuat
dengan alasan untuk mensejahterakan rakyatnya. beberapa bulan yang lalu pemerintah secara gencar
mengkampanyekan sebuah program konversi energi yaitu program perubahan energi dengan tujuan
agar masyarakat negri ini yang masih menggunakan minyak tanah beralih menggunakan gas, yang dinilai
lebih murah dari pada minyak tanah. hampir setiap waktu iklan kampanye ini beredar di televisi
menayangkan bagaimana murah dan mudahnya menggunakan kompor berbahan dasar gas ini. hingga puncaknya pemerintah membagi-bagikan kompor plus tabung secara cuma-cuma.
Namun penyakit lama kembali menjangkit,  pemerintah seakan setengah hati menjalankan program ini ya..seperti setiap program-program sebelumnya. program ini tidak diikuti oleh pelayanan yang memuaskan, karena banyak tabung-tabung yang tidak terisi secara penuh.program ini pun tidak dijalankan secara konsisten dan konsekuen hingga mencapai tujuan yang jelas.
setelah program ini dianggap cukup berhasil merayu masyarakat, lagi-lagi pemerintah ingkar janji, kini pertamina mengumumkan kenaikan harga gas dan akan menaikan lagi setiap bulan dengan dalih untuk menjaga keseimbangan harga dipasar.

Jelas kabar ini sebuah penipuan yang dilakukan lembaga pemerintahan kepada rakyatnya.

Posted in Sosial | Leave a Comment »

Antara Air, Bencana, dan Masaru Emoto.

Posted by pu2ng pada Juli 19, 2008

Sekilas kisah air

Dulu dikala seseorang sakit pastilah kita akan membawanya ke seorang ustadz dan minta di do’akan. Lalu sang Ustadz mengambil segelas air dan berkomat-kamit memanjatkan do’a, setelah itu dia meniup segelas air tadi, dan menyuruh si pasien untuk meminum air yang sudah diberi do’a oleh sang ustadz, dan biasanya dia memberikan beberapa botol air lagi untuk si pasien agar meminumnya secara teratur, layaknya dokter memberikan resep obat. Sampai kini pun pemandangan seperti itu masih tetap ada, terutama yang masih tinggal di kampung.

Awalnya saya sempat tidak percaya dengan hal-hal yang demikian, memang sulit dipercaya, air yang telah diberi do’a dapat menyembuhkan penyakit. Sedangkan saeorang ilmuan butuh waktu lama untuk menemukan sebuah obat, bahkan sampai menghabiskan sebagian hidupnya untuk sebutir obat.

Ada legenda menarik lagi tentang air.di tanah suci mekah, ada sebuah sumur yang airnya dipercaya membawa berkah. Menurut sejarah, bahwa sumur tersebut terbentuk atas dasar kegigihan Siti Hajar mencari air untuk memberi minum bayi mungil Ismail yang menangis kehausan. Hingga sekarang sumur tersebut dipercaya diberkahi dan jika kita berdo’a lalu meminum air dari sumur itu Insya Allah dikabulkan. Ya! Zam-zam namanya.

Itulah sebagian dari kisah air yang sering disebut sumber kehidupan , tetapi selain sebagai sahabat dan sumber kehidupan, air pun bisa berubah menjadi malapetaka yang sangat dahsyat. Bahkan bisa menjadi mesin pembunuh yang ganas.

Kita tentu masih ingat kisah Fira’un dan pengikutnya yang ditenggelamkan lautan saat mengejar nabi Musa. Disini juga sekaligus menunjukan keajaiban bagaimana lautan terbelah oleh kekuatan do’a Musa.dan memberi jalan agar dia selamat dari kejaran fir’aun.

Kita pun tentu tahu bagaimana ganasnya air saat menenggelamkan umat nabi Nuh yang enggan mengikuti ajaranNya.

Dan masih banyak lagi kisah-kisah menarik tentang air.

Penemuan Dr. Masaru Emoto.

Rupanya kisah-kisah tentang air diatas menginspirasi seseorang untuk menelitinya. Dengan kesabaran dan ketekunanya dia berhasil menemukan teori baru. Bahwa air dapat memahami bahasa manusia dan dapat mengirimkan pesan apapun dari orang yang ada disekitarnya, sebuah penemuan yang sangat luar biasa, dan dapat mengubah jutaan orang yang telah membaca bukunya. Disebutkan bahwa molekul air akan membentuk kristal yang sangat indah jika kita mengungkapka kata-kata positif seperti terima kasih, cinta, dan lain sebagainya. Sebaliknya molekul air akan kacau dan tidak berbentuk jika kita mengungkapkan kata-kata negatif kepadannya.

Berikut kutipan dari bukunya yang berjudul The True Power of Water.

“kami terus-menerus menemukan bahwa air merespon kata-kata positif dengan membentuk kristal yang indah . jika air ingin menunjukan perasaan senang, kristalnya akan merekah seperti bunga. Sebaliknya, jika air diperlihatkan kata-kata negatif, ia tidak akan membentuk kristal”

Dia juga mengembangkan pengobatan HADO atau pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan terapi air yang sudah diberi energi positif menggunakan kata-kata atau pesan yang ditulis lalu ditempelkan pada air yang akan digunakan.

Akhirnya terjawab sudah semua pertanyaan yang ada dikepala saya. Rupanya do’a yang diucapkan oleh seorang pintar (baca Ustadz) dan ditiupkan pada segelas air merupakan pesan kepada air supaya menyembuhkan penyakit orang yang akan meminumnya. Dan bagaimana ketulusan niat Siti Hajar agar anaknya bisa hidup yang diwujudkan dengan do’a yang sangat khusuk kepada Tuhan, agar dia memperoleh air. Mengakibatkan air Zam-Zam begitu ‘ajaib’ dan sangat bermanfaat. Selain itu, para jemaah Haji pun sangat berperan karena mereka selalu memanjatkan do’a ditanah suci dan setiap saat memanjatkan puji syukur kepada Tuhan sang pencipta alam semesta ini. Tidak mengherankan jika Air Zam-Zam menjadi begitu diberkahi, sampai-sampai dalam sebuah riwayat Rasulullah pernah berkata “Air Zam-Zam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya” begitulah sabda Nabi terhadap air Zam-Zam.

Bencana di negri ini.

Tanpa kita sadari rupanya bencana-bencana yang terjadi di negeri tercinta ini sebagian besar berhubungan dengan air. Kita tahu bagaimana dahsyatnya bencana Tsunami yang meratakan hampir seluruh tempat di Tanah Rencong. Kejadian serupa terjadi di bagian selatan Jawa Barat mungkin lebih tepatnya di pengandaran.

Di awal tahun 2007 sebuah pesawat milik salah satu maskapai penerbangan terkemuka hilang entah kemana. Setelah dilakukan pencarian dan penyisiran di lokasi yang diperkirakan, akhirnya dapat disimpulkan bahwa pesawat tersebut hilang ditelan lautan.

Kita juga menyaksikan bagaimana KM Senopati karam di lautan , puluhan keluarga menangis kehilangan sanak familinya. Lalu disusul oleh terbakarnya Kapal Levina I sebelum ditenggelamkan di perairan kepulauan seribu.

Dan masih segar dalam ingatan bagaimana Jakarta dikagetkan oleh banjir yang sangat dahsyat hingga melumpuhkan segala sendi kehidupan di kota metropolitan ini. Ribuan keluarga terpaksa meninggalkan rumah mereka yang terendam oleh air. Berita lainnya ialah saat hilangnya Kepala Dinas Kesehatan Kab. Maluku Tenggara Barat. Dr. Juliana Carolus dan lima orang stafnya di perairan papua. Namun karena niat baik serta ketulusan mereka yang ingin menolong anak-anak kekurangan gizi akhirnya mereka selamat dari amukan badai ditengah lautan yang berkali-kali menghantam mereka dan berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat. Dan sekarang giliran Daerah di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur terendam oleh banjir yang bisa dibilang dahsyat.

Jika dikaitkan dengan penemuan Masaru Emoto mungkin kita terlalu sering mendzalimi air, coba kita lihat kondisi sungai-sungai dimanapun di negri ini, penuh dengan sampah, selain itu mereka juga boros dalam menggunakan air. Atau mungkin kita telah lupa dan terlena oleh kehidupan dunia hingga tanpa sadar telah mengabaikan semua perintah agama.

Tentunya kita tidak ingin seperti umat Nabi Nuh a.s atau Firaun dan para pengikutnya. Lalu menjadikan Tuhan menjadi marah dan menyampaikan pesan kepada air supaya menenggelamkan kita.

Jadi mulai sekarang mari kita berakhlak baik kepada air sebagai ungkapan rasa terima kasih kita kepada sang pencipta air. Seperti berdo’a sebelum minum, mandi dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan air. Tidak membuang sampah ke sungai, dan berbagai perlakuan positif lain terhadap air. Agar air bisa menangkap pesan kita yang ingin bersahabat dengannya sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Posted in Sosial | Leave a Comment »

Suara Hati Anak Jalanan

Posted by pu2ng pada Juli 19, 2008

Saat mentari pancarkan sinarnya di pagi hari, memaksaku tuk membuka mata dan sadarkan dari mimpi. Tak sempat mandi langsung kugapai gitar di sampingku, dan melangkahkan kaki menuju persimpangan jalan.

Dengan suara sumbang akupun bernyanyi, mengharap sisa rizki dari orang yang mengasihi. Bergelut dengan teriknya mentari dan debu-debu jalanan, dan dengan tubuh penuh keringat aku berpindah dari bis kota ke bis kota lain. Aku tidak menginginkan makan makanan enak, aku tidak memimpikan tidur di kasur empuk, akupun tidak mengharapkan tinggal di rumah mewah, itu semua kulakukan hanya untuk mendapatkan sesuap nasi.

Mungkin seperti itulah kuhabiskan hari-hariku, tak ada waktua buatku untuk bermain, bahkan akupun tak pernah merasakan indahnya masa kecil. Hampir tiap orang tak pernah mengharapkan kehadiranku, bahkan menganggapku sampah. Namun tidak sedikit pula yang mau mengasihanidan menyisakan rizkinya. Mungkin hanya malamlah ang dapat menelamatkanku, karena malam dapat membuatku bermimpi, walaupun mimpi itu tak pernah jadi kenataan, karena malam pulalah yang dapat melepaskan semua lelahku, walau hanya berselimatkan kain usang, seandana aku bisa memilih, aku takan memilih dilahirkan seperti ini.

Posted in Uncategorized | Leave a Comment »

Saat politisi sadar iklan

Posted by pu2ng pada Juli 8, 2008

Iklan menurut kamus bahasa Indonesia berarti berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pd barang dan jasa yg ditawarkan, atau bisa juga pemberitahuan kepad khalayak mengenai barang atau jasa yg dijual, dipasang di dalam media massa (spt surat kabar dan majalah) atau di tempat umum bisa juga ditampilkan lewat media elektronik. Biasanya iklan selalu dibumbui oleh bahasa-bahasa yang intinya mengajak atau membujuk agar orang yang menyaksikannya tertarik atau minimal mengenal produk yang di tawarkan.

Fenomena iklan sekarang ini sudah menjadi tren tersendiri dalam memasarkan sebuah produk, para pekerja di bidang periklananpun ditantang untuk semakin kreatif dalam mengcreate, dan menjadikan produk menjadi sebuah tren.

Belakangan fenomena ini sudah mulai tercium oleh para politisi yang mempunyai visi dan misi tersendiri. Dengan menempatkan diri sebagai produk mereka mulai menjual visi dan misi tersebut ke berbagai media dengan format dan tampilan yang memikat. Janji-janji yang ditawarkanpun dikemas dengan gaya khas periklanan dengan slogan-slogan tertentu agar tertanam di benak masyarakat yang menyaksikan iklan tersebut. Cara ini juga dilakukan untuk membangun citra atau brand image tersendiri bagi para politisi untuk mengajak atau memikat masyarakat awam yang memang sering menjadi korban iklan tanpa menelaah ada apa dibalik iklan tersebut.

Sebuah promosi yang cerdas untuk menjual visi dan misi.

Posted in Sosial | Leave a Comment »