Forum Peduli Bangsa

Kumpulan tulisan tentang kegelisahan hati

  • Mei 2008
    S S R K J S M
    « Apr   Jul »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Blog Stats

    • 1,245 hits
  • Adsense

  • Iklan

BLT bukan solusi

Posted by pu2ng pada Mei 28, 2008

“Lebih baik member kailnya daripada member ikannya”, rasanya pepatah itu tidak berlaku bagi pemerintah Negara ini yang memutuskan untuk memberi BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada warganya yang kurang mampu. Sepintas memang keputusan ini sangat menguntungkan bagi warga, karena dapat sedikit meringankan beban hidup yang kian hari kian bertambah berat. Namun jika kita renungkan lebih jauh, pemberian uang tunai secara langsung dapat merusak moral bangsa ini yang memang dari dulunya kurang baik (jika tidak mau dibilang buruk),
Sebelum kita membicarakan efek jangka panjang, mungkin lebih baik kita berbicara tentang efek langsung buat masyarakat dan petugas-petugas yang terkait. Yang jadi pertanyaan ialah apakah sasaran warga yang layak untuk menerima bantuan sudah tepat. Yang saya tahu sebelumnya banyak warga yang bersemangat bahkan rela menurunkan drajat mereka agar di beri label tidak mampu  dengan tujuan mendapatkan bantuan tunai yang menggiurkan tersebut. Atau mungkin saja ini akan menjadi ladang sampingan buat para petugas untuk memenuhi kantong pribadi mereka.
Dan yang menjadi kegelisahan saya ialah, dengan adanya BLT tersebut semakin menyurutkan mental dan jiwa masyarakat kita yang pada dasarnya suka jika diberi bantuan. Hilangnya semangat juang untuk mengarungi sagala kesulitan hidup, apalagi jika yang menerima ialah anak-anak muda yang seharusnya berusaha dan berjuang untuk bertanggung jawab atas kehidupan mereka sendiri.
Maaf, bukannya saya tidak setuju dengan adanya BLT, namun akan lebih baik jika dana tersebut kita gunakan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan, dan ditindak lanjuti dengan pemberian modal bagi masyarakat agar mereka bisa berusaha dan bangkit dari kemiskinan. Selain itu kita adakan seminar-seminar motivasi buat masyarakat secara berkala. Dengan tujuan menjaga semangat agar tidak mudah putus asa. Karena selama ini seminar-seminar tersebut hanya ditujukan kepada masyarakat kelas atas yang untuk mengikutinya saja harus mengeluarkan mahar yang sangat besar.
Memang ide saya itu terdengar sulit, namun dengan niat yang tulus ingin merubah mental bangsa dan mewujudkan misi kebangkitan nasional, saya yakin 10-20 tahun kedepan akan banyak lahir pengusaha-pengusaha baru yang dapat mengurangi angka pengangguran di Negara ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: