Forum Peduli Bangsa

Kumpulan tulisan tentang kegelisahan hati

Untung McCain Bukan orang Indonesia

Posted by pu2ng pada November 12, 2008

Selesai sudah perjuangan John Mc Cain untuk menduduki bangku paling panas di dunia. Setelah berbulan-bulan melancarkan berbagai kampanye, seribu satu cara sudah dilakukan demi mendongkrak popularitasnya, hingga keputusan paling controversial menggandeng Sarah Palin sebagai calon “pendampingnya”. Namun semua usaha itu serasa sia-sia. Ya akhirnya senator senior itu mengibarkan bendera putih kepada pesaingnya yang bisa dibilang muka baru di kancah politik Negara yang dianggap paling berkuasa di dunia itu.

Namun ada sebuah pelajaran yang harus kita teladani dari sosoknya. Sesaat setelah dirinya kalah McCain langsung menelepon Obama, dan memberinya selamat. Setelah itu dia berpidato didepan pendukungnya

Berikut kutipan pidatonya :

“apapun perbedaan kita, kita semua adalah orang Amerika. Saya desak semua warga Negara Amerika yang mendukung saya untuk bersama saya tidak hanya memberikan selamat kepada dia (obama), tetapi menawarkan kepada Presiden kita dan berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk bersama-sama mencari jalan, berkompromi, menjembatani perbedaan kita, dan membantu memulihkan kemakmuran, dan mewariskan kepada anak cucu kita sebuah Negara yang lebih baik dan lebih kuat dibandingkan yang kita warisi”

“kalau sekarang kita kala, itu bukan kegagalan anda semua, tapi kegagalan saya”

Sebuah pidato yang hanya bisa diucapkan oleh orang berjiwa besar. Hanya seorang ksatria sejati yang mengakui kesalahan dan kekalahan dirinya.

Saya membayangkan jika McCain orang Indonesia ups…maksudnya jika McCain itu saya. Pasti saya sudah mencak-mencak dan menyalahkan tim sukses saya yang tidak becus dalam merancang strategi hingga bisa-bisanya dikalahkan oleh anak “kemarin sore” di kancah politik Amerika. Tidak ketinggalan saya pun akan melancarkan kritik pedas kepada saingan saya, dan mengajak pendukung saya untuk melakukan demo terhadap presiden terpilih…

Untungnya McCain tidak seperti itu, dia berjuang semata-mata untuk kemajuan bangsanya, untuk menjalankan misinya menjadikan Negara tempat tinggalnya lebih baik. Tidak seperti saya dan kebanyakan orang di negeri yang saya diami ini, yang berjuang hanya untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

McCain juga tidak lupa mendoakan Obama agar sukses.

Mungkin saya bukan pendukung McCain namun ada pelajaran yang mungkin jarang dimiliki oleh penduduk bangsa ini terutama para elite politiknya yang mempunyai jiwa ksatria seperti McCain.

Satu Tanggapan to “Untung McCain Bukan orang Indonesia”

  1. icha said

    pu2ng,dgn latar blkg pendidikan kesehatan..tulisan ini ckplah wlpun hrs ada yg dikoreksi dlm kaca mata politik.tp yg menarik utk dikomentari adlh ksadaran utk menganalisa stp perbedaan baik itu pendapat ataupun sikap perilaku yg mencerminkan watak,tabiat&perilaku individu.hal ini tidak mudah utk dipahami aplg diterapkan.mdh2an dgn adanya tulisan ini,dpt mperkaya kemampuan berfikir&mmtskan kptsn yg bijak.keep writing all the way,ya….

Tinggalkan Balasan

 
